Thursday, April 10, 2008

Meningkatkan daya memori otak #3

Tips Mengingat Aktivitas / Tugas-tugas yang Harus Dikerjakan

Anda bisa terapkan teknik Roman Room, yaitu menggunakan ruangan-ruangan dalam rumah Anda atau lokasi-lokasi di sekitar rumah Anda – atau apapun yang Anda tahu dengan baik – sebagai penghubung sesuatu yang Anda ingin ingat.

Misalkan Anda (ibu-ibu) suatu hari harus melakukan tugas-tugas rumah: memfotokopi dokumen penting, mengambil kalung Anda yang direparasi, menabung ke bank, dan membeli susu anak. Normalnya, mungkin Anda akan mencatat hal-hal tersebut untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan nantinya.

Namun, Anda pun bisa juga mengingat tugas-tugas tersebut dengan mempraktikkan teknik Roman Room dan menggambarkan Anda berjalan di belakang rumah kemudian melihat lembaran-lembaran kertas berserakan di lantai dan suami Anda terpeleset di atasnya (memfotokopi dokumen). Anda kemudian menuju ruang keluarga dan melihat kucing Anda tidur di sofa, memakai kalung yang bersinar (mengambil kalung). Kemudian Anda menggambarkan di sekitar pojok dinding berpola dapur Anda menyerupai suatu pola tagihan Rp 2.000.000 (menabung ke bank). Akhirnya, Anda membayangkan berjalan menuju ruang makan dan Anda mendapati banyak banyak anak-anak kecil sedang minum susu (membeli susu anak).

5. Tips Mengingat Judul Film

Praktikkan teknik ABC Anda. Ucapkan urutan abjad (dengan keras di dalam kepala Anda). Ketika Anda mendapatkan huruf R misalnya, ini bisa menjadi trigger pengingat nama judul film yang Anda lupa: Ratatouille.

6. Tips Mengingat Di Mana Memarkirkan Mobil / Kendaraan Anda

Buatlah sutau keterkaitan antara hal-hal yang sebenarnya tidak terkait. Contoh pada saat Anda memarkirkan mobil di suatu area parkir yang padat, ciptakan suatu gambar/image tentang lingkungan di sekelingnya. Ubahlah area parkir menjadi suatu hutan belantara, tiang lampu sebagai batang pohon raksasa, zona yang bukan tempat parkir sebagai pasir dan pintu masuk gedung sebagai sebuah goa. Hal ni akan menciptakan peta yang dapat memudahkan mengingat lokasi pasti kendaraan kita diparkirkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa otak sangat suka akan hal-hal yang bersifat tidak masuk akal / ekstrem / berlebihan seperti: seksi, penuh warna, multi sensorik (melibatkan lebih dari satu panca indera), lucu, melibatkan emosi, melibatkan irama atau musik, tindakan aktif, gambar tiga dimensi dan hidup/aktif, menggunakan asosiasi, dan imajinasi.

1 comment:

Anonymous said...

Terima Kasih

Anda juga bisa baca di link aslinya di sini:
http://kumpulantipspilihan.blogspot.com/2008/03/cara-meningkatkan-daya-ingat-memori_673.html

Salam

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.