Monday, April 14, 2008

Live With Pet's

Tak ada tempat yang paling indah dan nyaman selain rumah. Apalagi jika setia pulang ke rumah selalu disambut oleh anak-anak yang manis dengan hewan kesayangannya. Memang tak bisa dipungkiri bila hewan peliharaan merupakan sahabat keluarga yang mampu menambah semarak suasana di rumah.

Namun demikian, sebelum memutuskan hidup berdampingan dengan hewan peliharaan di rumah, ada beberapa hal yang harus dicermati sehubungan dengan pengaruh bahaya terhadap kesehatan anak, antara lain:

1. Pilih secara cermat binatang yang akan dipelihara.
Pastikan binatang tersebut tidak buas, jinak dan aman-dalam arti tidak berisiko menularkan penyakit pada manusia. Untuk memastikan kesehatan binatang yang akan dipelihara, akan lebih baik bila sebelum membawanya ke rumah, Anda terlebih dahulu memeriksakan kesehatannya pada dokter hewan langganan. Bila binatang tersebut sehat dan bisa dibawa pulang ke rumah, pastikan binatang tersebut tidak mengadakan kontak dengan binatang liar di luar rumah yang bisa jadi membawa virus atau penyakit lainnya.

2. Bawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk sekedar melakukan kontrol kesehatan secara rutin.
Demi keamanan dan kesehatan, sebagai tindakan preventif berikan vaksinasi seperti antirabies untuk anjing.

3. Bagi Anda yang memelihara kucing, ada baiknya melakukan tindakan preventif terhadap kucing peliharaan yang juga bisa berperan menjadi pembawa parasit toxoplasma.
Sebagai gambaran akan bahaya toxoplasma, tubuh anak perempuan atau wanita pranikah yang mengidap toxoplasma berisiko mengandung bayi cacat jika hamil sebelum penyakitnya disembuhkan.

4. Semakin banyak orang yang terenggut nyawanya secara sia-sia akibat flu burung, membuat Anda harus mewaspadai kesehatan unggas yang dipelihara.
Tidak hanya sekedar mendapatkan sertifikat yang menyatakan unggas tersebut sehat, namun juga perlu dilakukan kontrol secara berkala pada dokter hewan langganan untuk memastikan kesehatannya. Bukan hanya binatang peliharaan, namun Anda juga sebaiknya mewaspadai burung gereja yang biasa hinggap di atap rumah dari kemungkinan membawa virus.

5. Mandikan binatang peliharaan secara rutin dan bersihkan kandang serta tempat makannya secara kontinyu.

Dengan segala tindakan preventif di atas, niscaya hidup nyaman berdampingan dengan binatang peliharaan yang sehat akan Anda dapatkan.

No comments: